Selasa, 02 Juli 2013

Bahasa Indonesia 2 tugas ke tiga



Tugas Ketiga Bahasa Indonesia 2

1. Mengapafungsikomunikasibahasadisebutfungsidasar ?Mengapa pula disebutfungsiutama ?
2. Sebutkantigacontohalatkomunikasi sosial yang bukanbahasa,danjelaskanfungsinya ?
3. Bahasa Indonesia mempunyaiempatjenisdefinisi, yaitunominal,formal,operasionaldanluas.Jelaskan 4 jenisdefinisitersebutdantuangkanjawabannyadalamsebuahteksdengan topic teknologiinformasiatau yang terkaitdenganbidangstudikalian.Tulisandibuatdalamsingkatdanjelas ?
4. Bacalahsuratkabardanmajalah.Caridantemukan paragraph argumentasi yang deduktifdaninduktif ?
5. Caridantemukan paragraph atauwacanacampuran :deskripsi,narasi,argumentasi ,baik yang deduktifmaupun yang induktif ?

Jawaban :

1.      Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yaitu sarana penyampaian informasi kepada orang lain secara lisan maupun tulisan mengenai apapun yang ingin kita sampaikan agar orang dapat mengerti maksud dan tujuan yang kita inginkan tanpa menghindari tata bahasa yang sudah ada. Bahasa adalah ala tuntuk berkomunikasi melaluilisan (bahasa primer)dantulisan (bahasasekunder).Berkomunikasi melaluilisan (dihasilkan oleh alat ucap manusia), yaitu dalam bentuk symbol bunyi, dimana setiap symbol buny imemiliki cirikhas tersendiri. Suatu symbol bisaterdengar sama di telinga kita tapi memiliki makna yang sangat jauh berbeda. Misalnya kata ’sarang’ dalam bahasa Korea artinya cinta, sedangkan dalam bahasa Indonesia artinya kandang ataut empat.
Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyai fungsi utama bahasa adalah bahwa komunikasi ialah penyampaian pesanatau makna oleh seseorang kepada orang lain.
Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks dari pada yang dapat diperoleh dengan mempergunakan media lain. Bahasa merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia bukan sembarang bunyi. Dan bunyi itu sendiri merupakan symbol atau perlambangan. Dibandingkan dengan yang diperoleh dengan mempergunakan media lain yang  mengandung banyak kelemahannya.

2.      Contoh alat komunikasi sosial yang bukan bahasa
 bunyi tong-tong member tanda bahaya
 adanya asap menunjukkan bahaya kebakaran
 alarm untuk tanda segera berkumpul
bedugun tuk tanda segera melakukan sholat
telepon genggam untuk memanggil orang pada jarak jauh
simbol – tanda stop untuk pengguna jalan, simbol laki-laki dan perempuan bagi pengguna toilet.
Gambar peta yang menunjukkan jalan
Suasana gemuruh kentong dipukul tanda ketika ada bahaya
Adanya asap tampak dari kejauhan pertanda kebakaran bunyi alarm (suasana tanda bahaya gempa bumi/bencana alam).

Contoh dalam kehidupan sehari-hari
Misalkan seorang satpam perumahan berjaga-jaga ronda pada malam hari, pada saat sudah mendekati  jam 12.00 malam satpam tersebut membunyikan kentong yang bertanda bahwa waktu sudah tepat pukul 12.00 malam. Dan timbul timbale balik antara satpam sama orang-orang disekitar perumahan.setiap orang jadilebih mengerti tanda waktu pergantian tersebut. Jadi, bahasa yang dipakai satpam tersebut berupa kentongan yang memberikan pertanda sesuatu akan terjadi  sesuatu yang sudah mestinya dilakukan.

3.      Definisi dapat dibedakan atas  atas : definisi nominal, definisi formal, definisi operasional, dan definisi luas.
Definisi Nominal
Definisi initer utama digunakan di dalam kamus, baik kamus satu bahasa (seperti Kamus Umum Bahasa Indonesia), maupun di dalam kamus dwi bahasa, seperti kamus (BahasaInggris-Indonesia), dan kamu setimologi. Dalam definisi ini suatu kata dibatasi dengan kata lain yang merupakan sinonimnya (padanannya), dengan terjemahannya, atau dengan menunjukkan asal katanya (etimologinya).
Contoh :
Sistem  adalah suatu kesatuan.
Informasi  adalah hasil pengolahan data.

Definisi Formal
Definisi formal atau definisi logis merupakan batas anilmiah yang kerap kali digunakan di dalam karang anilmiah. Di dalam definisi ini, suatu istilah dikeluarkan dari genus dan spesiesnya. Dengan demikian, untuk dapat membuat definisi formal, kita haru smemiliki pengertian dan prinsip-prinsip klasifikasi.
Suatu definisi formal selalu terdiri dari dua ruas (bagian), yaitu bagian yang didefinisikan yang disebut definiendum, dan bagian yang mendefinisikan disebut definiens.
Contoh :
Sistem  adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen - komponen.
Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan manfaat bagi penerimanya.

Definisi Operasional
Definisi operasional menunjukkan kepada kita apa yang harus kita lakukan dan bagaimana melakukannya, apa yang akan diukur dan bagai mana mengukurnya. Definisi ini kita perlukan terutama jika kita mengadakan penelitian sehubungan dengan hal-hal yang tidak diamati atau diukur secara langsung seperti hasil belajar, kemampuan menalar, daninteligensi.
Contoh :
Sistem  adalah kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan.
Informasi adalah hasil pengolahan data suatu organisasi yang dapat memberikan manfaat untuk digunakan suatu keperluan organisasi
DefinisiLuas
Definisi ini merupakan uraian panjang lebar mungkin satu paragraf, satu bab, atau bahkan meliputi seluruh karangan. Definisi ini kita perlukan jika kita berhadapan dengan suatu konsep yang rumit, yang tidak mungkin dijelaskan dengan kalimat pendek.
Contoh :
Sistem merupakan kumpulan dari sub-sub sistem, elemen-elemen, prosedur-prosedur yang saling berinteraksi, berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu seperti informasi, target, dan tujuan lainnya. sedangkan Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagipengguna dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan manfaatnya dalam keputusan-keputusan yang akandatang.

4. Paragraph argumentasi yang deduktif

 Menurut Prof .Dr. Anang Zaini Gani ,interaksi antara manusia dan teknologi sebenarnya sudah berlangsung lama. Dan interaksi itu cukup hebat karena dapat mengubahperilaku dan kebiasaan manusia.Padazaman dulu dikenal adanya masyarakat nomand,yakni masyarakat yang hidupnya selalu berpindah-pindah.

Paragraph argumentasi yang induktif

       Pembicara kedua tampil Dr. Ing.Adang Suhendra dengan mengangkat materi tentang Virtual Reality Technology.MenurutAdang, dengan adanya teknologi virtual, saat ini manusia dapat bermain secara simulasi yang dapat mengurangi efek resiko dan kerugian yang lebih besar. Hal ini sekaligus menunjukkan bagaimana manusia masuk dalam dunia teknologi.



5.  paragraph atau wacana campuran : deskripsi, narasi, argumentasi,baik yang deduktif maupun yang induktif ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar