Kamis, 28 Oktober 2010

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT


Mata kuliah : Ilmu Sosial Dasar
Dosen          : Relly Andayani

INDIVDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

A. Pengertian Individu
            “individu”berasal dari kataindividuu, yang artinya : yang tak terbagi. Individu merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil diantara batas.
Individu bukan brrarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan terbatas. Yaitu sebagai manusia perseorangan. Timbulnya difrensiasi bukan hanya pembawa, tetapimelalui kaitan dengan dunia yang telah mempunyai sejarahdengan peradabannya, hal ini memberikan keuntungan rohani bagi individu seperti bahasa, adat istiadat dan kebiasaan.
            Makna manusia menjadi individu apa bila pola tingkah lakunya hamper identik dengan tingkah laku masa yang bersangkutan. Individu di bebani berbagai peranan yang berasal dari kondisi kebersamaan hidup, maka muncul struktur masyarakat yang akan menentukan kemantapan masyarakat.
Individu dalam tingkah laku menurut pola pribadinya ada 3 kemungkinan yaitu :
a menyimpang dari norma kolektif
a kehilangan individualitas atau
a takut terhadap kolektif.
B. Pengertian Pertumbuhan
            Pertumbuhan adalah suatu pertumbuhan yang menuju kearah yang lebih maju dan lebih dewasa. Untuk selanjutnya timbul beberapa pendapat mengenai pertumbuhan dari berbagai aliran yaitu asosiasi, aliran piscologi dan aliran sosiologi. Menurut para ahli yang menganut aliran asosiasi berpendapat, bahwa pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi.
            Tahap pertumbuhan individu berdasar piskolog ada 4 yaitu :
Ü Masa vital yaitu dari 0,0 sampai kira-kira 2,o tahun.
Ü Masa estetik dari umur 2,0 sampai 7 tahun.
Ü Masa intelektual dari kira-kira umur 7,0 tahun sampai 13,0 tahun.
Ü Masa social/remajaumur 13,0 sampai 20,0-21,0 tahun.

1. Masa Vital
            Pada ini individu mengunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai  hal didalam dunianya.
 2. Masa Estetik
            Masa ini dianggap sebagai pertumbuhan rasa keindahan, sebenernya kata estetik ini diartikan bahwa pada masa ini pertumbuhan anak yang terutama adalah fungsi panca indra.
3. Masa Elektual
            Setelah anak melewati masa goncangan yang pertama, maka perosea sosialisasinya telah berlangsung dengan lebihevektif.
4. Masa Sosial/Remaja
            Masa remaja merupakan masa yang banyak menarikperhatian masyarakat karena mempunyai sifat-sifat yag khas dan yang menentukan dalam kehidupan bermasyarakat.
C. FUNGSI-FUNGSI KELUARGA
            Kuluarga adalah unit/kesatuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakankelompok kecil dalam masyarakat. Kelompok ini dalam hubungannya dengan perkembangan individu.
Keluarga pada umumnyadiketahui terdiri dari seorang individu(suami) individu lainnya (istri) yang selalu berusahamenjaga rasa aman dan ketentramanketika menghadapi segala suka duka hidup dalam eratnya arti ikatan luhur hidup bersama. Keluarga biasanya terdiri dari suami, istrri, dan anak-anaknya.

a). Keluarga berfungsi sebagai lembaga perkumpulan perekonomi. Dalam masyarakat primitive biasanya  terdapat system kekeluargaan yang sangat luas akan tetapi kehidupan perekonomiaanya belum berkembang.
b). keluarga merupakan exponent dari kebudayaan masyarakat, karena menempati posisi kunci. Keluarga adalah sebagai jenjang dan perantara pertama dalam tyransmisi kebudayaan.
c). keluarga berfungsi sebagai pusat pengasuhan dan pendidikan.

D. PENGERTIAN KELUARGA
            Menurut Sigmund Freud, keluarga itu terbentuk karena adanya perkawinan pria dan wanita. Bahwa perkawinan itu menurut beliau adalah berdasarkan pada libido seksual.
E. HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
a..Makna Individu
            Manusa adalah makhluk individu. Mahluk individu berarti mahluk yang tidak dapat terbagi-bagi, atau terpisah-pisah antara jiwa dan raganya.
 1.Pengertian Masyarakat
            Drs . JBAF Mayor Polak menyebut masyarakat (society) adalah kolektiva-koektiva. Serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas kelompok-kelompok lebih baik atau sub kelompok.
Jelasnya : masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adapt istiadat dan yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.

2. Pengertian Masyarakat
            Seperti halnya dengan defenisisosiologi yang banyak jumlahnya kita dapati pula difenisi tentang masyarakat yang juga tidak sedikit. Definisi adalah sekedar alat ringkat untuk pengertian ditinjau dari pada analisa. Analisis inilah yang memberi arti yang jernih dandan kokoh dari suatu pengertian.
            Mengenai definisi-definisi masyarakat tersebut diatas maka dapat diambil kesimpulannya, bahwa masyarakat harus mempunyai syarat sebagai berikut :
Ü harus ada pengumpulan manusia, dan harus banyak, bukan pengumpulan binatang.
Ü telah tinggal dalam waktu yang lama dalam suatu daerah tertenntu.
Ü adanya aturan-aturan dan undang-undang yang mengatur mereka untuk maju kepada kepentingandan tujuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar